Zackyubaid

Just another WordPress.com weblog

CIDERA YANG SERING TERJADI PADA OLAHRAGA PANAHAN January 19, 2010


Olahraga panahan bukanlah termasuk tipe olahraga body contact, jadi sangat minim sekali terjadi cidera. Namun demikian ada saja resiko terjadi cidera antara lain cidera pada otot bisep, trisep dan lengan. Pada otot bisep dan trisep terjadi cidera akibat otot tertarik atau Kram (Strains). Jenis cedera ini terjadi akibat otot tertarik pada arah yang salah. Fleksibilitas otot yang baik bisa menghindarkan diri dari cedera macam ini. Kuncinya adalah selalu melakukan stretching setelah melakukan pemanasan, terutama pada bagian otot-otot yang rentan tersebut.

Adapun penyebab terjadinya cidera tersebut adalah:

  1. Kurangnya pemanasan (stretching)
  2. Kontraksi otot yang berlebihan/terlalu sering (over use)
  3. Ketika terjadi kontraksi, otot belum siap
  4. Beban yang berlebihan (over load)
  5. Tekhnik yang salah

Jika terjadi cidera seperti diatas adapun cara yang dianjurkan adalah dengan RICE. RICE adalah Rest, yaitu mengistirahatkan anggota tubuh kita yang terkena cedera agar tidak menambah luas cedera tersebut. Ice, yaitu memberikan kompres dingin pada bagian tubuh yang terkena cedera dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan dingin akan membantu menghentikan perdarahan. Compression, yaitu memberikan balutan tekan pada nggota tubuh yang cedera dengan tujuan untuk mengurangi pembengkakan. Elevation, yaitu meninggikan anggota tubuh yang cedera untuk mengurangi pembengkakan .

Bila dengan usaha tersebut tidak menolong, segera periksakan ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan dan pengobatan lebih baik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s